Peraturan Akademik

Sistem Pendidikan

  1. Program Studi adalah kesatuan rencana belajar sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan akademik dan atau profesional yang diselenggarakan atas dasar suatu kurikulum serta ditujukan agar peserta didik dapat menguasai pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai dengan sasaran kurikulum
  2. Sistem Kredit adalah sistem penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan satuan kredit semester (SKS) untuk menyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja dosen, pengalaman belajar, dan beban penyelenggaraan program
  3. Pendidikan dilaksanakan dengan sistem semester. Satu tahun akademik terdiri dari dua semester. Setiap semester terdiri dan 16 kali pertemuan di kelas dan lama setiap pertemuan tergantung pada bobot satuan kredit semester mata kuliah yang dilakukan melalui kegiatan terjadwal setiap minggu sebanyak 1 jam perkuliahan atau 2 jam praktikum, atau 4 jam kerja lapangan yang masing-masing diiringi oleh sekitar 1-2 jam kegiatan terstruktur dan sekitar 1-2 jam kegiatan mandiri.
  4. Kartu Rencana Studi (KRS) adalah kartu yang memuat daftar mata kuliah beserta beban studinya baik wajib maupun pilihan yang akan diikuti oleh peserta didik pada semester yang sedang berjalan, diambil berdasarkan kewajiban, minat dan kemampuan.

Beban Studi

  1. Pendidikan Program Studi Magister Akuntansi dilaksanakan dengan beban kumulatif 44-48 SKS yang dijadwalkan untuk 4 semester dan dapat ditempuh kurang dari 4 semester dengan lama studi selama-lamanya 8 semester tidak termasuk cuti akademik.
  2. Peserta didik yang tidak dapat menyelesaikan pendidikan dalam kurun waktu 8 (delapan) semester dinyatakan gagal studi.
  3. Pendidikan Program Studi Magister Akuntansi dapat di tempuh dengan struktur mata kuliah sebagai berikut:
    • Mata Kuliah wajib adalah mata kuliah yang wajib diprogramkan oleh setiap mahasiswa
    • Mata Kuliah institusional adalah mata kuliah institusional dalam hal ini Fakultas Ekonomi dan wajib diprogramkan oleh setiap mahasiswa
    • Mata Kuliah pilihan adalah mata kuliah yang dapat dipilih oleh setiap mahasiswa

Rencana Studi

  1. Rencana studi dan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) dilaksanakan di bawah persetujuan penasihat akademik dan dalam batas waktu yang telah ditentukan dalam kalender akademik.
  2. Jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) yang diprogramkan oleh mahasiswa sebanyak paket mata kuliah yang ditawarkan pada setiap semester.