ANALISIS KESIAPAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MENERAPKAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH BERBASIS AKRUAL (Studi Pada Pemerintah Daerah Kota Bima)


Ketentuan dalam UU No. 17/2003 Pasal 36 ayat (1) yaitu mengharuskan penerapan basis akrual untuk pengakuan dan pengukuran pendapatan dan belanja. Untuk melaksanakan ketentuan tersebut, KSAP telah menyusun Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) berbasis akrual yang ditetapkan dengan PP No. 71
Tahun 2010 menggantikan PP No. 24 Tahun 2005 yang saat ini masih berlaku. Namun dalam kenyataannya pelaksanaan ketentuan ini tidak mudah karena dibutuhkan banyak kesiapan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengkajian kesiapan pemerintah dalam menerapkan PP 71 Tahun 2010 tentang SAP berbasis akrual.

Penelitian ini bertujuan untuk memahami kesiapan Pemerintah Daerah Kota Bima dalam menerapkan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) berbasis akrual, dengan menggunakan teori strukturasi sebagai alat analisis. Situs penelitian dilakukan pada Pemerintah Daerah Kota Bima dan menggunakan aparat pengelola keuangan daerah Pemerintah Kota Bima sebagai informan.

Hasil dari penelitian ini adalah: (a) Dilihat dari aspek SDM, kapasitas SDM di Pemerintah Daerah Kota Bima belum memadai dalam melaksanakan pengelolaan keuangan daerah yang baik, apalagi untuk menerapkan SAP berbasis akrual. (b) Dilihat dari aspek fasilitas pendukung, penyebaran sarana pendukung seperti komputer, printer dan peralatan lainnya belum merata. Terkait dengan persiapan penerapan SAP berbasis akrual, Pemerintah Daerah Kota Bima belum melakukan penyesuaian terhadap Sistem dan Prosedur Pengelolaan Keuangan Daerah, kebijakan Akuntansi, dan SIMDA yang digunakan agar sesuai dan relevan digunakan dalam penerapan SAP berbasis akrual. (c) Dilihat dari aspek komunikasi dan komitmen, komunikasi Pemerintah Kota Bima dengan pemerintah pusat belum berjalan dengan efektif, yang berdampak pada belum ada persiapan khusus yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kota Bima berkaitan dengan penerapan SAP berbasis akrual. Lemahnya komunikasi berdampak pada komitmen Pemerintah Daerah Kota Bima. Meskipun pimpinan sudah menyatakan dukungannya terhadap penerapan SAP berbasis akrual dalam pengelolaan daerah, namun dalam prakteknya belum ada penegasan komitmen yang telah diformalisasikan oleh pimpinan puncak Pemerintah Daerah Kota Bima.

Kata Kuci :
Pemerintah Daerah Kota Bima, SAP berbasis akrual, SDM fasilitas pendukung, komunikasi dan komitmen.

Comments are closed.