Pengaruh Sumber Daya Manusia

PENGARUH SUMBER DAYA MANUSIA, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, SISTEM PENGENDALIAN INTERN DAN PENGELOLAAN ASET TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN
(Studi Empiris Pada Pemerintah Provinsi NTB)

Oleh    :  Ni Putu Sri Wardani

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengendalian intern  dan pengelolaan aset terhadap kualitas laporan keuangan. Sehingga variabel penelitian ini terdiri dari 4 (empat) variabel independen yaitu sumber daya manusia (X1), Pemanfaatan teknologi informasi (X2), sistem pengendalian intern (X3) dan pengelolaan aset (X4) dan variabel dependennya yaitu kualitas laporan keuangan (Y).

Populasi penelitian ini adalah pegawai SKPD pada lingkup Pemerintah Provinsi NTB yang terlibat di dalam penatausahaan keuangan daerah dan penatausahaan barang milik daerah. Sampel diambil dengan  menggunakan judgement sampling. Kriteria didasarkan pada pegawai yang terlibat di dalam penyusunan laporan keuangan. Masing-masing SKPD diambil 5 (lima) responden yang terlibat dalam penyusunan laporan keuangan yang terdiri dari Sekretaris SKPD, Kasubbag Keuangan SKPD, Pemegang SIMDA Keuangan SKPD, Pemegang SIMDA BMD/Pengurus Barang SKPD dan Penyimpan Barang SKPD.

Data diperoleh dengan menyebarkan  185 kuisioner pada responden yang ada di 37 SKPD lingkup Provinsi NTB. Kuisioner yang kembali dan bisa digunakan sebanyak 168 kuisioner. Data dianalisis  menggunakan Regresi Logistik Biner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Sebaliknya sistem pengendalian intern dan pengelolaan aset berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel independen (sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengendalian intern dan pengelolaan aset) mampu menjelaskan variabel dependen (kualitas laporan keuangan) sebesar 57 %. Sedangkan sisanya sebesar  43  %  kualitas laporan keuangan  dipengaruhi variabel-variabel lain di luar model regresi logistik.

Kata Kunci : sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengendalian intern, pengelolaan aset dan kualitas laporan keuangan

Leave a comment

Your email address will not be published.

*