Visi Misi

VISI MISI dan SASARAN

MISI

Menjadikan  Program Studi Magister Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Mataram sebagai institusi pendidikan Program Pascasarjana strata dua jalur akademik yang diakui oleh otoritas dan unggul dalam menghasilkan lulusan yang menguasai pengetahuan dan keahlian dalam bidang akuntansi yang berdaya saing internasional pada tahun 2025

VISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan pascasarjana strata dua (S2) bidang akuntansi dengan sistem pembelajaran terintegrasi dengan kebutuhan stakeholders yang memiliki reputasi nasional dan di kawasan regional Asia
  2. Melaksanakan riset yang unggul di berbagai disiplin ilmu akuntansi yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu dan praktek akuntansi, serta dasar penyusunan kebijakan dan regulasi bagi pihak yang berkepentingan untuk mendukung kemajuan pembagunan lokal, nasional, dan regional Asia.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dibidang ilmu akuntansi yang relevan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, nasional dan kawasan regional Asia
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama dan kemitraan dengan masyarakat luas, nasional dan kawasan Asia dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

PROFIL LULUSAN

No Profil Lulusan Kemampuan yang harus Dimiliki
1. Akuntan Manajemen /Akuntan Internal Perusahaan Merupakan lulusan yang bekerja sebagai manajer atau tenaga akuntansi dan keuangan pada perusahaan dengan memiliki kemampuan:

  • menyediakan dan menganalisis informasi akuntansi keuangan dan operasional untuk pengambilan keputusan bisnis
  • Melakukan analisis dan prediksi informasi akuntansi,
  • Menyusun laporan keuangan, laporan biaya dan harga pokok produk
  • Melakukan penyusunan dan pengevaluasian anggaran tahunan perusahaan
  • Membuat perencanaan, pengkoordinasian, implementasi, dan pengendalian biaya dalam perusahaan
  • Memahami tentang integritas dan nilai-nilai etika dalam menjalankan profesinya
2. Pengelola Keuangan Pemerintahan Merupakan lulusan yang bekerja sebagai tenaga akuntansi dan keuangan pada sektor pemerintahan dengan kemampuan:

  • Melakukan evaluasi dan pelaporan kegiatan dalam pemerintahan seperti penentuan tarif layanan minimal, penganggaran sektor publik, dan pengukuran kinerja sektor publik
  • Menyiapkan dan melakukan penataan laporan keuangan pada pemerintah daerah
  • Mengolah dan mengevaluasi data keuangan pada sektor pemerintahan
  • Melakukan pengeloaan aset daerah
  • Meningkatkan transparansi dan kuntabilitas pengelolaan keuangan pemerintahan daerah
3. Aparat Pengawas Intern Pemerintahan Merupakan lulusan yang bekerja sebagai aparatur pengawas internal pemerintah (APIP) pada pemerintahan daerah dengan kemampuan:

  • Melakukan pengawasan internal pemerintah untuk menjamin suatu kegiatan dalam pemerintahan dapat berjalan secara efisien, efektif, sesuai dengan aturan untuk mencapai tujuan pelayanan publik
  • Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pengelolaan keuangan pemerintahan
  • Melakukan pencegahan dan mendeteksi tindakan penyimpangan, pelanggaran atau kecurangan terhadap kebijakan yang ditetapkan, prosedur, atau persyaratan kontrak.
  • Memberikan informasi yang akurat untuk pengambilan keputusan dan meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan pemerintah daerah
  • Membantu memberikan perbaikan atas kelemahan sistem pengendalian pelaksanaan anggaran belanja pengelolaan keuangan daerah atas permasalahan utama hasil audit BPK terhadap kinerja pemerintahan daerah
  • Melakukan proses kendali mutu atas tata laksana pengawasan intern pemerintah, mulai tahap perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
4. Auditor Internal Merupakan lulusan yang bekerja sebagai tenaga auditor internal pada perusahaan dengan kemampuan:

  • Memahami tentang struktur organisasi,tugas dan wewenang dalam perusahaan
  • Merancang audit program dengan menginformasikan dan mengkomunikasikan risiko, prosedur audit, SOP dan temuan audit suatu perusahaan
  • Melaksanakan audit/ pemeriksaan yang independen terhadap kinerja perusahaan
  • Melakukan program pengendalian dan pengawasan untuk menunjang efektivitas dan efisiensi operasional perusahaan
  • Menginternalissai integritas dan nilai-nilai etika profesi dalam menjalankan tugas sebagai auditor internal
5. Praktisi Perpajakan Merupakan lulusan yang bekerja sebagai praktisi perpajakan seperti konsultan pajak yang memiliki kemampuan:

  • Menghitung, menyusun dan membuat laporan keuangan fiskal untuk kebutuhan perusahaan secara akurat dan benar
  • memberikan pertimbangan dan layanan konsultasi yang baik dan memadai bagi Wajib pajak dalam menjalankan kewajiban perpajakannya
  • malakukan perencanaan, menghitung, melaporkan dan memahami teknik-teknik pemeriksaan pajak
  • memberikan alternatif pemecahan yang benar dalam menghadapi permasalah perusahaan di bidang perpajakan
6. Praktisi SIA (Sistem Informasi Akuntansi) Merupakan lulusan yang bekerja sebagai praktisi Sistem Informasi Akuntansi pada perusahaan atau entitas yang memiliki kemampuan:

  • Merancang kebutuhan informasi akuntansi sesuai dengan kebutuhan perusahaan
  • Mengidentifikasi dan merancang pengendalian internal terhadap input, proses dan output informasi akuntansi perusahaan/entitas
  • Menjalankan sistem transaksi bisnis perusahaan
  • Melakukan analisis, prediksi dan pengukuran kinerja dari luaran sistem informasi akuntansi untuk kebutuhan pengambilan keputusan perusahaan/ entitas
7. Wirausaha Merupakan lulusan yang bekerja sebagai wirausaha yang memiliki jiwa kemandirian (wirausaha) dan berwawasan global dengan memiliki kemampuan:

  • Menguasai konsep teoritis akuntansi dan penerapannya secara spesifik dalam pengambilan keputusan bisnis secara akurat
  • menyusun rencana bisnis dan melaksanakan terapannya pada perusahaan (entitas bisnis) dengan kemampuan interpersonal dan komunikasi yang baik
  • melakukan evaluasi, analisis dan supervisi terhadap dalam menjalankan usaha (bisnis) untuk meningkatkan kinerja perusahaan
  • Mampu membangun hubungan dan kerja sama dalam kelompok, maupun dalam interaksinya ditengah-tengah masyarakat.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. Sikap
    • bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
    • menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
    • berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
    • berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
    • menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    • bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    • taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    • menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    • menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
    • menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  2. Penguasaan Pengetahuan
    • Menguasai penerapan teori dan metode akuntansi keuangan/auditing/ perpajakan/akuntansi manajemen/sistem informasi akuntansi/akuntansi sektor publik maupun disiplin ilmu lain yang terkait.
    • Menguasai dan memahami implikasi teori akuntansi dalam pengambilan keputusan ekonomi, sosial, keperilakuan, baik dalam wujud regulasi, standar akuntansi maupun kebijakan akuntansi.
    • Menguasai implementasi teori akuntansi dalam konteks ekonomi, sosial, dan keperilakuan untuk pengambilan keputusan manajerial.
    • Menguasai teori aplikasi audit berikut penerapannya serta menguasai analisis implikasi ekonomi, sosial dan keperilakukan dari pilihan teori aplikasi audit.
    • Menguasai teori sistem informasi akuntansi berikut penerapannya serta menguasai analisis implikasi ekonomi, sosial dan keperilakukan dari pilihan teori aplikasi sistem informasi akuntansi.
    • Menguasai teori-teori perpajakan dan akuntansi sektor publik berikut penerapannya serta serta menguasai analisis implikasi ekonomi, sosial dan keperilakuan dari pilihan teori perpajakan.
    • Menguasai penerapan metodologi riset akuntansi melalui komparasi maupun studi yang mendalam.
  3. Keterampilan Khusus
    • Mampu mengembangkan penerapan teori dan metode meliputi : akuntansi keuangan/auditing /perpajakan/akuntansi manajemen/ sistem informasi akuntansi/ akuntansi sektor publik
    • Mampu mengembangkan teknik dan alat analisis dalam penyusunan kebijakan maupun regulasi sebagai wujud pengambilan keputusan melalui penerapan inter dan multi-disiplin
    • Mampu menghasilkan produk analisa akuntansi yang bermanfaat bagi masyarakat
    • Mampu mengambil keputusan atas berbagai pilihan metode riset dan teknik pengembangan akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi dan masyarakat dengan pendekatan inter dan multidisiplin
    • Mampu mengelola riset dan pengembangan aplikasi teori akuntansi secara mandiri dan/atau berkelompok yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan
    • Mampu mempublikasikan hasil riset aplikasi akuntansi secara nasional dan/atau internasional
  4. Keterampilan Umum
    • Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam penerapan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototipe, karya desain, produk seni, atau inovasi teknologi bernilai tambah, menyusun konsepsi ilmiah atau karya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta karya yang dipresentasikan atau dipamerkan;
    • Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
    • mampu menyusun ide, pemikiran, dan argumen teknis secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
    • mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memosisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin atau multi disiplin;
    • mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah penerapan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ekperimental terhadap informasi dan data;
    • mampu mengelola, mengembangkan dan meningkatkan mutu kerja sama baik di lembaganya maupun lembaga lain, dengan mengutamakan kualitas hasil dan ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan;
    • mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
    • mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data prototype, karya desain atau produk seni dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.