Contoh Internet of Things: Penerapan dan Manfaatnya

Contoh-Internet-of-Things

Pelajari berbagai contoh Internet of Things yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Rasakan langsung manfaat yang bisa Anda temukan dalam artikel ini!

Sudah menjadi rahasia umum jika teknologi menjadi salah satu hal yang tidak boleh Anda acuhkan dan harus Anda perbaharui seiring berjalannya waktu. Era digital seperti saat ini dinilai mengubah cara Anda dan kebanyakan orang dalam melakukan berbagai aktivitas dan pekerjaan. Pengaplikasian Smart Home dan penggunaan teknologi wearables menjadi beberapa contoh Internet of Things yang ada sampai saat ini.

Bisa dikatakan penggunaan Internet of Things dalam menjalani kehidupan sehari-hari mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi Anda dan para penggunanya. Artikel berikut ini berusaha memberikan Anda berbagai informasi yang dibutuhkan mengenai contoh penerapan Internet of Things beserta manfaat positifnya dalam kehidupan yang Anda jalani sehari-hari.

Contoh Internet of Things dalam Kehidupan Sehari-Hari

Perkembangan teknologi di era digital seperti sekarang ini merupakan salah satu aspek yang tidak bisa Anda hindari, begitu juga dengan contoh penerapan Internet of Things dalam setiap kegiatan dan aktivitas yang Anda lakukan setiap harinya. Berikut ini beberapa contoh penerapan Internet of Things yang umum digunakan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

contoh-internet-of-things
  • Smart Home

Salah satu contoh penerapan dari Internet of Things dapat Anda lihat pada Smart Home. Ada berbagai fitur yang ditawarkan dalam Smart Home, mulai dari sistem pengunci pintu otomatis, pengatur suhu atau termostat pintar, hingga lampu pintar. Selain dapat mengaturnya secara remote maupun dari jarak jauh, segala macam fitur yang tersedia dalam Smart Home juga dapat dikonfigurasi sesuai dengan kondisi dan keadaan sekitar.

  • Smartwatch

Selain sebagai penunjuk waktu, smartwatch memiliki berbagi macam fungsi dan kegunaan lainnya bagi para penggunanya. Salah satu contoh Internet of Things ini memungkinkan Anda mengintegrasikan smartwatch dengan smartphone yang Anda miliki. Ada banyak sekali fitur yang tersedia mulai dari fitur notifikasi, monitor kesehatan, komunikasi dan beragam fitur-fitur menarik lainnya.

Manfaat Penerapan jaringan of Things dalam Kehidupan Sehari-Hari

Disadari maupun tidak, penerapan jaringan of Things dinilai mampu memberikan berbagai macam manfaat positif yang berguna bagi Anda dan banyak orang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa manfaat langsung yang dapat Anda rasakan berkat penerapan jaringan of Things.

  • Akses jarak jauh

Salah satu manfaat yang bisa Anda rasakan dari penerapan jaringan of Things adalah akses jarak jauh. Secara tidak langsung, Anda bisa mengatur dan mengontrol perangkat yang Anda gunakan seperti sistem kunci pintu otomatis secara remote atau dari jarak jauh tanpa perlu mengaturnya secara manual dengan mengunci secara fisik terutama jika Anda sedang berada di lokasi dengan jarak yang cukup jauh.

  • Lebih hemat energi dan waktu

Contoh penerapan jaringan of Things dalam kehidupan sehari-hari juga bisa menghemat energi dan waktu yang Anda miliki. Salah satu contohnya adalah penggunaan termostat pintar. Cukup dengan sekali sentuh, Anda bisa mengatur suhu ruangan sesuai dengan keinginan Anda tanpa harus bolak-balik secara manual sehingga energi dan waktu yang Anda gunakan jauh lebih efisien.

Kesimpulan

Tak dipungkiri lagi jika contoh Internet of Things yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dinilai mampu dalam meningkatkan kualitas hidup Anda dan para penggunanya. Dengan penerapan yang tepat, berbagai manfaat positif yang disebutkan sebelumnya dapat Anda rasakan secara langsung dan sedikit banyak mampu memberikan dampak yang baik bagi setiap aspek kehidupan yang Anda jalani setiap harinya.

MS-Office-Adalah Previous post MS Office Adalah: Definisi dan Jenis-Jenis Aplikasinya
Camera-Go Next post Camera Go Mudahkan Pengguna Smartphone Spek Rendah